Makanan Sehat Untuk Gigi

Makanan Sehat Untuk Gigi


Makanan yang baik untuk jaga kesehatan gigi adalah yang mengandung kalisum dan fosfor. Makanan yang mengandung kalsium bisa kamu temukan pada susu, keju, kacang almon, dan daun-daunan. Sedangkan makanan yang mengandung fosfor bisa kamu temukan di daging, telur, dan ikan

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh karena mengandung fosfor dan kalsium. Mereka dapat membantu melawan bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi. 

Kalsium yang terdapat dalam kacang juga dapat memperkuat gigi. Oleh karena itu, menjadikan kacang-kacangan sebagai menu untuk menjaga kesehatan gigi adalah hal yang penting.

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau sangat baik untuk kesehatan mulut dan gigi. Contoh sayuran hijau adalah bayam, kale, brokoli, dan lainnya. 

Sayuran hijau kaya akan vitamin dan mineral, seperti kalsium dan asam folat. Keduanya sangat penting dalam memperkuat gigi dan jaringan gusi. Asam folat juga dapat mencegah munculnya penyakit gusi pada wanita hamil yang lebih rentan mengalaminya.

3. Susu




Susu, dan produk makanan lainnya dari susu seperti keju dan yoghurt tidak hanya kaya kalsium untuk memperkuat tulang, tapi juga mengandung kasein protein yang menurut penelitian akan mengurangi kadar asam di mulut. Selain itu, minum susu dapat menetralkan asam yang dihasilkan oleh bakteri plak. 

Catatan: Minum susu dengan sereal atau makanan penutup tidak memiliki manfaat yang sama seperti minum susu langsung setelah makan. 

Tidak ada susu? Makanlah keju sebagai gantinya.

4. Teh Hijau

Penyakit gusi seperti gingivitis terjadi karena peradangan. Zat antioksidan yang terkandung dalam teh hijau dapat membantu menangkal peradangan tersebut.  

Selain itu, teh hijau dapat membantu meredakan pembengkakan dan menjadikan gusi lebih sehat.

Posting Komentar

0 Komentar